Spektakuler! Charles Leclerc Menangi F1 Italia 2024 Berkat Strategi Jitu

Berita Olahraga

Italia – 1 September 2024 – Pembalap Ferrari, Charles Leclerc, mencatatkan hasil spektakuler saat memenangkan F1 Italia 2024, di Sirkuit Monza, Italia. Ketepatan strategi yang ia terapkan membuat duo McLaren, Oscar Piastri dan Lando Norris hanya finis di posisi kedua dan ketiga.

Pada balapan yang berlangsung pada Minggu 1 September 2024 malam WIB itu, Charles Leclerc mencatatkan waktu 1 jam 14,40,727 detik setelah melahap 53 lap.

Pembalap asal Monte Carlo, Monaco, ini unggul 2,664 detik dari Oscar Piastri di peringkat kedua dan 6,153 detik dari Lando Norris di posisi ketiga.

Pembalap berusia 26 tahun ini memulai balapan dari grid keempat, namun dapat menyodok ke urutan kedua dalam beberapa lap awal. Dia hanya tertinggal dari Oscar Piastri dan unggul atas Lando Norris.

Namun, situasinya berubah setelah pit stop pertama. Pembalap Ferrari ini turun ke peringkat ketiga, sementara Lando Norris naik ke posisi kedua.

Di sinilah ketepatan strategi Charles Leclerc dan Ferrari. Saat duo McLaren melakukan pit stop kedua, ia bersama rekan setimnya, Carlos Sainz, memilih untuk terus berada di trek hingga finis.

Carlos Sainz sempat menempati urutan kedua sebelum disalip Oscar Piastri dan Lando Norris. Namun, Leclerc berhasil menjaga posisinya hingga finis.

Sementara itu, juara dunia tiga tahun berturut-turut, Max Verstappen terpuruk. Pemimpin klasemen itu menyudahi race di posisi keenam. Ini memperpanjang kegagalan Max Verstappen dalam beberapa balapan terakhir.

Benar saja, mobil Red Bull yang dikendarai Verstappen kalah cepat dari McLaren, yang tiba-tiba memiliki kecepatan ekstra. Kondisi ini membuat Verstappen kehilangan dominasi di musim ini.

Kemenangan ini menjadi yang kedua bagi Charles Leclerc di F1 musim ini setelah F1 Monaco pada 26 Mei 2024.