Presiden Jokowi Resmikan Istana Negara di Ibu Kota Nusantara

Berita Hukum & Klarifikasi

IKN, 11 OKTOBER 2024 – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Istana Negara di Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur, Jumat (11/10/2024). “Pada sore hari ini kita akan bersama-sama meresmikan Istana Negara di Ibu Kota Nusantara,” ujar Presiden.

Sebenarnya, Presiden hari ini juga diagendakan akan meresmikan Istana Negara dan Istana Garuda secara bersamaan. Namun, karena Istana Garuda masih dalam proses penyelesaian, maka Istana Negara diresmikan terlebih dahulu.

“Karena Istana Garuda saat ini masih dalam proses finishing dan dimungkinkan masih memakan waktu satu bulan ke depan, maka pada hari ini saya akan meresmikan Istana Negara terlebih dahulu. Dan nanti untuk Istana Garuda akan diresmikan oleh Presiden Prabowo Subianto,” ungkapnya.

Presiden mengungkapkan, kualitas pembangunan istana negara bagus. “Kalau dari sisi kualitas saya harus ngomong apa adanya, bagus. Finishing-nya bagus, pengecatan bagus, sampai detail-detail ukiran bagus,” ujar Presiden dalam keterangannya kepada awak media usai peresmian.

Presiden pun optimistis bahwa kualitas bangunan ini akan mendukung pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan di Ibu Kota Nusantara dengan baik. Bangunan tersebut memang dirancang untuk mendukung berbagai aktivitas besar yang memerlukan ruang yang luas dan representatif.

“Kita harapkan nanti kegiatan-kegiatan kenegaraan yang besar yang butuh tempat yang gede bisa dilakukan di sini di IKN,” ungkap Presiden.

Presiden Jokowi mengatakan bahwa pembangunan Istana Negara telah selesai tepat waktu. Meskipun Istana Garuda, salah satu bangunan penting lainnya di kawasan tersebut, masih dalam tahap penyelesaian.

Presiden juga menekankan bahwa tidak ada upaya untuk tergesa-gesa dalam pembangunan. Namun semuanya berjalan sesuai dengan target yang telah ditetapkan. Presiden Jokowi kembali menegaskan pentingnya proses pembangunan yang matang.

“Kita juga tidak ingin tergesa-gesa, semuanya yang paling penting berjalan sesuai dengan target waktu yang telah ditentukan,” tegas Presiden.

Sebelum peresmian, terlebih dahulu dilakukan penyerahan Sertifikat Istana Negara oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono kepada Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno. Sertifikat Istana Negara tersebut terdaftar dengan nomor Sertifikat Hak Pakai nomor 11 dengan nomor induk bidang elektronik No. 1484 atas nama Pemerintah Republik Indonesia.

“Dan dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, pada siang hari ini saya resmikan Istana Negara di Ibu Kota Nusantara,” ucap Presiden saat meresmikan Istana Negara di IKN.